kamasutra

Bahasa Kasih

In Celoteh on Januari 24, 2005 at 1:44 am

Apakah anda pernah mencintai seseorang di dalam hidup anda ? Saya yakin, semua dari anda pernah mencintai seseorang, apakah itu orang tua anda, anak anda, saudara anda, kekasih anda, istri / suami anda, dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, apakah orang yang anda cintai tersebut TAHU kalau anda mencintai mereka ? Banyak orang tua kaya yang sibuk sering memberikan uang kepada anak-anaknya dan berharap anaknya tahu bahwa uang tersebut sebagai tanda cinta mereka. Padahal mungkin sang anak lebih berharap orang tuanya mempunyai waktu untuk berbincang-bincang dengannya. Jika hal ini terjadi pada anda, dimana orang yang anda cintai malah berpersepsi berbeda dari yang anda harapkan, berarti anda tidak tahu
secara tepat apa bahasa kasih dari orang yang anda cintai tersebut.

Gary Chapman dalam salah satu bukunya pernah mengatakan bahwa untuk berkomunikasi dengan orang yang kita cintai, ada 5 bahasa kasih yang bisa kita gunakan sesuai dengan keinginan dari orang tersebut. Kelima bahasa kasih tersebut adalah :

1. KATA-KATA
Kata-kata berupa pujian, motivasi, harapan dan penghargaan kepada orang yang dicintai merupakan suatu penghubung yang kuat yang bisa terus merekatkan hubungan anda. Lakukan pujian secara tulus berdasarkan apa yang ada di dalam hati anda, bukan hanya sekedar untuk membuat mereka senang. Sebisa mungkin bicarakan hal-hal yang positif saja dengan orang yang anda cintai. Hindari kata-kata yang malah bisa menyebabkan suatu perselisihan atau konflik.

2. SENTUHAN
Sentuhan fisik seperti merangkul, membelai, menepuk punggung dan lengan, ataupun sekedar bergandengan tangan, secara emosional dapat meningkatkan kualitas hubungan cinta anda. Seorang anak yang mendapat prestasi bagus di sekolah misalnya, selain dipuji juga ditepuk punggungnya oleh orang tuanya, akan merasakan kesenangan yang berlipat ganda, karena dia merasakan kasih tersebut lewat hati (pujian) dan fisik (tepukan).

3. PEMBERIAN
Bahasa kasih ini adalah yang paling sering kita gunakan untuk menunjukkan kasih kita kepada orang lain. Namun kita seringkali membatasi pemberian ini hanya pada moment khusus saja, seperti ulang tahun, hari perkawinan, atau hari-2 besar keagamaan. Padahal,
sebenarnya kita dapat melakukan pemberian ini kapan saja dan dimana saja.

4. WAKTU
Berapa banyak waktu yang anda gunakan untuk mendengarkan dan bersama- sama dengan orang yang anda cintai ? Waktu yang dimaksud disini bukan berarti hanya waktu liburan, tapi WAKTU YANG BERKUALITAS, yaitu waktu dimana orang yang anda cintai membutuhkan kehadiran anda secara fisik hadir di depannya. Bagi seorang anak kecil, mungkin waktu yang berkualitas bagi dia adalah waktu sore hari, dimana dia membutuhkan kehadiran anda, agar dia bisa menceritakan bagaimana serunya tadi dia
bermain di sekolah. Bagi seorang suami, waktu yang berkualitas mungkin selepas makan malam, dimana dia berharap sang istri mau menemaninya berbincang-bincang tentang kondisi bisnisnya, tentang bagaimana membangun masa depan keluarga mereka. Apakah anda sebagai istri misalnya, BISA dan MAU menyediakan waktu tersebut, ataukah
tayangan sinetron lebih menarik perhatian anda, dan membiarkan suami anda bersantai sendiri sambil membaca koran ? Dan bagi anda sang suami, apakah anda MASIH MEMPUNYAI WAKTU mengantar istri anda berbelanja, atau anda lebih suka mengutak-atik mobil anda dan membiarkan istri anda pergi sendiri ?

5. PELAYANAN
Bahasa kasih ini adalah yang paling menonjol diantara yang lain, karena anda mau melakukan suatu tindakan bagi orang lain sebagai tanda cinta anda. Banyak orang yang salah mengartikan kata pelayanan disini, menganggap kita harus melakukan sesuatu 100 % bagi orang lain. Padahal kata pelayanan disini artinya kita mau membantu orang yang kita cintai melakukan suatu tindakan yang sebelumnya tidak kita lakukan. Mungkin para suami bisa dengan membantu istri untuk memasak dan menyiapkan makan di dapur. Atau para istri bisa membantu suaminya untuk mencuci mobil. Hal-2 kecil seperti ini bisa membantu anda untuk mempererat tali kasih anda berdua.

Bagaimana dengan anda hari ini, sudahkah anda menggunakan seluruh bahasa kasih tersebut untuk mengungkapkan perasaan anda kepada orang-2 yang anda cintai ? Lakukan yang terbaik dan dapatkan manfaatnya.

  1. wah tambah puitis mas iki ^_^ pye khabare?? sibuk opo saiki?

  2. katanya,definisi adalah jawaban dari pertanyaan,nah ini komentar saya mengenai apa cinta itu?tetapi bagaimana saya bisa memberi komentar kalau saya tidak sedang jatuh cinta,misalnya saya sedang jatuh cinta,artinya saya belum mengatakannya.,kepada yg menjadi idaman saya.ini ada pengalaman pertama kali saya pada saat itu,yg tadinya tidak ada bahasa cinta melalui jandela hatiku,tiba tiba kenapa ada cinta.dan hari berlalu hingga mengusik kalbu yg kotor ini mengapa saya mencintainya,kepada wanita yang duduk di bangku sekolah sma yg pada waktu itu si dianya duduk didepan bangku tempat duduk sekolahku dikela 2 sma.aduh rambut lurus di kucir dan kulit yg putih mulus dan sedikit nampak diatas kancing baju yg atas warna kulit putih yg menantang ……pada saat itu rasa ada cinta menghias hari hariku hinhgga mionggu ke bulan. aku berusaha untuk membunuh cinta dalam hatiku karena itu aku adalah laki laki nakal yg kebanyakan seperti laki laki yg lain berani menggoda wanita tetapi sebenarnya takut kepada wanita.hingga perasaan itu selalu terus menggoda hatiku dari rasa dingin panas rindu ingin mengatakan tetapi kami tidak ada kekuatan untuk mengatakananya.apakah ini cinta?itulah masa laluku yg pertama kali apakah masa laluku bisa terulang kembali kepada wanita yg lain?inilah yang baru dinamakan DEFINISI cinta ha…ha….dimanapun yg namanya anak muda sedang jatuh cinta tidak bisa membaca hikmah apa yg ada pada saat itu,bagaimana bila si dianya sedang tidak ada pada saat itu ,apakah di situ ada hikmah bahwa dia ada?

  3. cintamu seperti fajar pagi hari
    yang tiada pernah terlambat bersinar…

  4. kita tak kan bisa menemukan arti sebuah
    cinta,karna cinta itu hanya tuk di rasa…..

  5. Emank cinta itu perlu diungkapin,tapi sering kali cara ngungkapinnya yang salah.Seperti remaja yang sedang jatuh cinta,mereka slah memberi respon kepada orang yang disukainya.Dan orang yang disukai itu tidak tau ato ngerti malah kadang jadi benci.Ya…at least dg baca ini saya tau bagaimana cara mengungkap cinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: