kamasutra

Apalah Arti Sebuah Nama

In Elmu, My Life on Februari 8, 2006 at 1:19 am

Tak kenal maka tak sayang, kalimat ini pasti sudah sering terdengar sama kita,biasanya kalimat tersebut terucap disaat awal perkenalan atau saat obrolan. Yah nama memang sangat berarti bagi kita,tidak bisa dibayangkan ande kita tidak punya nama orang lain manggel kita gmn caranya yah ? Sudah tentu orang tua saya dulu memberi nama saya pasti tidak sembarangan,saya yakin pasti mereka melalui peritungan2 ala jawa tentunya. Karena menurut neptu atau perhitungan jawa baik buruknya sebuah nama didasarkan pada urutan aksara jawa, dan sudah tentu selain itu masih banyak lagi bahan pertimbangan hanya untuk memberi sebuah nama pada diri saya waktu itu. Kali ini saya cuma mencoba mengartikan nama saya sendiri berdasarkan neptu/perhitungan ala jawa tsb.

Cara pertama kita harus tau urutan aksara jawa,berikut urutannya (ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, nga). Setiap aksara memiliki nilai berbeda. Ha, da, pa, ma, masing-masing dinilai 1. Na, ta, dha, ga, nilainya 2. Ca, sa, ja, ba = 3. Ra, wa, ya, tha = 4. Ka, la, nya, nga = 5. Angka-angka ini akan dipakai untuk menghitung nilai total dari nama seseorang yang dijumlahkan dari nilai setiap penggalan suku kata. Contoh nama saya JOKO JO[ja=3]+KO[ka=5]=8.

Nilai total diatas selanjutnya diproyeksikan pada lima unsur yang menunjukkan “cocok tidaknya sebuah nama”, yang meliputi lima unsur, “Sri”, “Lungguh”, “Gedhong”, “Loro”, “Pati”. Cara menghitungnya dimulai dari satu (Sri), dua (Lungguh), tiga (Gedhong), empat (Loro), dan lima (Pati). Setiap habis kelipatan lima, hitungan kembali dimulai dari angka satu (Sri) sampai lima (Pati), begitu seterusnya. Misal, nilai nama JOKO = 8, dihitung mulai dari satu (Sri), dua (Lungguh), tiga (Gedhong), empat (Loro), lima (Pati), enam (Sri), tujuh (Lungguh), delapan (Gedhong).

Jadi, nama JOKO (dengan angka total 8), jatuh pada unsur “Gedhong“. “Artinya, insya Allah, kelak si pemilik nama itu akan bergelimangan harta dalam hidupnya,”.

Menurut perhitungan Jawa, unsur “Sri”, “Lungguh”, dan “Gedhong” dianggap mewakili unsur kecocokan nama. Tapi sebaliknya kalau jatuh pada unsur “Loro” dan “Pati”, nama itu dianggap tidak cocok bagi yang bersangkutan. “Sri” memiliki arti yang positif (bahagia, kemakmuran, keberuntungan, mulia, dan sukses segalanya). Juga “Lungguh” dan “Gedhong” mengandung arti yang positif, yakni baik dalam kedudukan (jabatan) dan ekonomi (harta), tapi biasanya masih ada kekurangan di sisi lain, seperti sakit, rumah tangga diselilingi cekcok atau kurang harmonis. Sebaliknya unsur “Loro” dan “Pati” punya konotasi negatif. Unsur “Loro” menggambarkan hidup tersendat-sendat, sakit-sakitan, kurang mujur, banyak sial, banyak menderita. Unsur “Pati” menyimpan makna umur yang pendek.

Wel ini hanya sebuah selingan karena saya tahu rejeki,nasib,jodoh dll semua diatur oleh Yang Maha Kuasa. Anda berani mencoba ? tidak ada salahnya untuk mencoba sapa tau setelah mencoba anda bisa lebih semangat untuk menjalani kehidupan ini.

About these ads
  1. Kalau huruf “V” pake “Pa”,

    berarti namaku berjumlah 3, dan 3 berarti “Gedhong”

    calon orang gedhong-an nih. :D

  2. ne’ mbeling iku artine opo yo mas?? ;)

  3. nek jenengku opo yo :-? gak usah dihitung ah, paling nanti ketemunya juga gedhong :-“

  4. to #2 Mbelink itu artinya pendiam dan kalem mas.

  5. binguuunggggg.
    tapi bagus juga. :)

  6. Huah aku kok ora ngerti yo0 kang?
    :-?

    orang jawa memang hebat punya banyak cara buat mengendalikan … eq hi hih i

  7. mbah geblek, opo sing arti namaku? :)>-

  8. Yah, sama seperti para korban di atas. Nama saya artinya apa sih, Mbah? Kok gak ada pilihannya. Joan itu harusnya jadi “Ja” + “an” kan ya? Hihihi. :d

  9. kalo rebo pahing


  10. Aku ora mudeng neh

  11. ne jenenge ‘chesta adabi’ …. apik ora mas’?

  12. klo nugraha gimana caranya nu-gra-ha
    sanjaya —–san-ja-ya???
    apa bener begitu???

  13. kalo tri hartanto artinya apa om???

  14. Sri Surya Widati Andarwati Dyah Pertiwi Kawuryan Budi Respati apa artinya? Matur sanget Nuwun….

  15. Minta tolong, klo An masuk ke yng mana ya ?. Tks

  16. klo An masuk ke yng mana ya ?. Tks

  17. coba di liatin nama ‘ adryan emerald dharma putra ‘.
    Makasih ya maz…

  18. minta tolong, pengejaanya itu berdasarkan apa?
    bagaimana kalau awalnya huruf vokal?
    bagaimana kalau ditengah2 huruf ada satu huruf?
    ini nama anak saya
    eartha kara callysta baskoro, tolong itunganya bagaimana?
    terima kasih.

  19. tolong artiin usaha&jodoh sesuai nama saya

  20. apa arti nama saya mbah?….tolong penjelasanya ya mbah?……makasih banyak sebelumnya…………………..dr bandung.

  21. mas tolong artikan nama chay edita

  22. I’m gone to tell my little brother, that he should also visit this blog on regular basis to get updated from most up-to-date news.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: