kamasutra

Dani Dewa vs Kaligrafi Allah

In Sampah on April 16, 2005 at 9:48 am

Dani² … apa yg kamu inginkan sebenarnya, tren sesaat kah ?

About these ads
  1. Dani selalu pengen gaya dan tampil beda tapi ga jelas arahnya kemana

  2. waktu ditanya: “dhani, apa sih makna dari lambang ini?” (di suatu talk show) dijawab: “bagus aja diliat”
    hehehe dasar anak band, cuexxx abis 3:-0 :)>-

  3. ha! akhirnya gw liat gambarnya. dari kemaren cuma denger beritanya doang, mau nyari lupa mulu.
    Emang deh, ngga jelas banget si Dhani ini … :(

  4. heheeeeheeee emang tuh dewa tukang jiplak :D

  5. Bukannya tukang jiplak….Dani tuh pinter2 keblinger. Maap dia kan penggemar Soekarna n Gusdur. Jadi layaknya seperti murid yah seperti gurunya dong? Or mungkin dia juga sempat belajar dgn zionist?..he..he. tapi gue salut sama ke briliant-annya menulis lagu, walaupun yah ada beberapa nada yg juga mencuri..ha.ha.

  6. Bukannya tukang jiplak….Dani tuh pinter2 keblinger. Maap dia kan penggemar Soekarna n Gusdur. Jadi layaknya seperti murid yah seperti gurunya dong? Or mungkin dia juga sempat belajar dgn zionist?..he..he. tapi gue salut sama ke briliant-annya menulis lagu, walaupun yah ada beberapa nada yg juga mencuri..ha.ha.

  7. hahaha… hi roy!
    eh, gak nyambung yak?

  8. Dhani sebetulnya tidak bodoh, dia juga tahu akan kaligrafi itu dengan mengatakan “sudah saya dimodifikasi kok”. Dengan ucapan itu berarti dia sangat tahu bahwa itu kaligrafi dan dia dengan sengaja memodifikasinya supaya tidak terlalu kentara’. Ternyata ada juga orang yang jeli dan bisa melihat akal bulusnya. Bila Dhani orangnya sehat akal dan fikiran sudah selayaknya dia diajukan ke meja hijau. Jangan biarkan hal ini hanya menjadi wacana tanpa ada hukuman buat Dhani. Sejak awal saya sangat curiga ketika dia sangat antusias mengenakan kalung “Zionis”.

  9. Cak cak Plugins deteksi Browsermu kok apik ngene? make opo?

  10. Sampe hari ini udah berapa banyak bentuk itu gw liat dan gw puter balik, tapi tetap gak ketemu tulisan ALLAH nya.

    Ada yang punya aslinya?

  11. Sampe hari ini udah berapa banyak bentuk itu gw liat dan gw puter balik, tapi tetap gak ketemu tulisan ALLAH nya.

    Ada yang punya bentuk kaligrafi yang aslinya?

  12. Saya rasa Dhani is ok-ok aja. Dia jujur koq, ngaku telah memodifikasi kaligrafi tsb. Lagipula kaligrafi tsb ternyata adalah karya dari anonim (jaman dulu banget di Persia). Jadi milik semua orang (alias karya publik gitu). Jadi sah-sah aja lah. Dasar sirik kali tuh pada….

    • he goblok tiap kaligrafi itu punya artix,, coba klw kaligrafi kemaluan nyokap loe yang di ajang ma dhani,, pasti loe marah…
      dasar umat yesus goblok..

  13. I saw Dewa performance in Sydney last month. I think it’s really very good. I realize now that Indonesia has also a good group band. I asked my Indonesian friends about the meaning of some Dewa’s songs. It’s incredible and amazing. I like it. Many of their songs are poetic and religius. I have no religion, but the lyrics touch my heart. I believe Dewa’s members believe in God. I appreciate it. Pls support Dewa and don’t kill their creativity. Otherwise your country will always small and underestimated by other countries becuase you don’t appreciate and support your people creativity.

  14. dari dulu sampai sekarang dewa selalu membuat masalah, terutama ahmad dhani.
    tapi itu urusan dia sama ALLAH.
    sengaja/tidak sengaja itu urasan dia sama ALLAH.
    terima kasih

  15. ya populer dan ok , tapi kalo keblinger gitu …. cari penyakit .

    benar itu urusan dhani ma Allah tapi ati ini juga panas juga kalo ngelihat tam[pang gak bersalah Dhani , jadi muak ngelihatnya …

  16. sedih… Indonesia masih disibukan masalah kaligrafi yang nggak jelas ujung pangkalnya, sperti kata andri nggak ada tulisan Allahnya. Bentuk kaligrafi itu adalah karya seni, tidak ada dalam Quran, (siapa tau yang bikinnya orang kafir hayooo)…. kok bisanya ustad2 itu mengklaim !!!! Hayo Indonesia bangun jangan terjebak oleh fundametalisme, iri-isme, orthodokis-me, dll yang membunuh kreatifitas!

    • klw ngga ngerti bahasa kaligrafi diam aja goblok….

      • btul itu tu,
        skarang di tahun ini sudah semakin jelas faktanya,
        bahwa Dhani salah satu penyembah setan,
        aku udah baca artikel2 serta Vidio2 yg menunjukan bukti, bahwa di setiap Vidioklip lagu2 si Dhani / siapa saja dibwa manegemennya, menunjukan bahwa si Dhani beserta pengikutnya adalh pemuda SETAN !!!,

        bukan maksud intuk menuduh / Su’uzon sama si Dhani,
        maaf ya Dhan,, Tapi lambat laun semunya bakal terungkap juga,

        seperti bunyi pepatah bijak,
        ” sependai2nya menyimpan bangkai, baunya pasti akan tercuim juaga “

  17. Salut buat Dhani ang berani ngelawan si riziq yang ngaku habayb. wong bukan lafal Tuhan kok dibilang gitu kan udah dibuang huruf ha jadi hanya huruf alif lam lam gak menyebut lafal Allah. Emang kebenaran milik si riziq. Dhani pake simbol itu kan sudah konsultasi sama mursid tarekat yang biasa pake simbol-simbol itu. emang fpi yang pake pentungan ama pedang? Kalo mursid itu ngebela si Dhani lalu gimana si riziq itu. jangan ngaku-ngaku demi akidah lah dan pembela Tuhan. Tuhan gak butuh bodyguard karena ke-Mahaannya. Emang si riziq tahu kehendak Tuhan? tobat lo riziq..

  18. Ini gue udah baca jawaban dan klarifkasi serta permintaan maaf Ahmad Dhani di Republika sehari setelah pemberitaan hangat tanggal 17 April lalu. Gue rasa sudah cukup fair kalau kita nggak perlu mempermasalahkannya lagi. jadi DEWA TIDAK MENGHINA ALLOH DAN TIDAK BERNIAT UNTUK ITU.

    OASE BERNAMA LASKAR CINTA
    Ahmad Dhani
    Pimpinan Band Dewa

    Penulis merasa kaget dan terhenyak saat membaca segmen Horison harian Republika, edisi 17 April 2005, khususnya pada tulisan berjudul besar Laskar Cinta Sensasi Keblabasan Dewa. Tulisan tersebut berupaya mengupas pentas Band Dewa yang ditayangkan secara langsung melalui Trans TV, Ahad (10/4). Sebagai pihak yang terkait, dalam kapasitas pimpinan Band Dewa, penulis menganggap tulisan tersebut bersifat sepihak. Penulis tidak pernah dimintai konfirmasi tentang hal tersebut, meskipun ada pernyataan dari pihak manajemen Dewa.
    Terdorong oleh faktor itulah, penulis membuat tulisan jawaban dalam kerangka memberi informasi dan pemahaman yang sebanding sehingga para pembaca, dan masyarakat Indonesia pada umumnya dapat mencernanya secara proporsional dan fair.
    Dengan segenap kerendah-hatian, penulis ingin menyampaikan bahwa peristiwa tersebut, demi Allah, benar-benar murni sebuah musibah tanpa kesengajaan, terutama akibat ketidaktahuan team setting panggung Trans TV. Sebagai pribadi yang berupaya terus menerus untuk tawadlu’ dan tunduk kepada Allah SWT, penulis dan anggota Band Dewa pada umumnya, tidak mungkin memiliki niat melakukan tindakan penghinaan kepada Allah yang Maha Agung, sebuah tindakan yang keji dan kotor. Meskipun barangkali penulis bukan seorang Muslim yang telah sempurna dalam menjalankan semua syariat, penulis berupaya untuk tetap takzim.
    Penulis memahami sepenuhnya akibat terlukanya hati saudara-saudara seiman, terutama jika penulis sampai hati melecehkan atau berbuat tidak terhormat. Dalam hal ini, penulis sangat berharap adanya masukan-masukan dari saudara-saudara seiman. Sekeras apapun masukan tersebut, asal tetap dilakukan dalam koridor persaudaraan seiman, yakni dipenuhi nasihat serta pertimbangan kebijaksanaan yang luhur, akan penulis terima dengan lapang dada. Tetapi penulis merasa tidak habis pikir jika kemudian muncul hujatan-hujatan yang serba menyudutkan, memfitnah, dan memprovokasi.
    Berkali-kali dunia ekspresi seni di Tanah Air diguncang oleh hal yang serupa, yakni ketika seni dibuldozer dengan penafsiran atas keyakinan-keyakinan tertentu. Para penafsir berlaku seolah-olah Musa menghujat Firaun, meskipun ia belum tentu seperti Musa, dan yang dihujat juga belum tentu seperti Firaun. Tanpa harus menghakimi siapa yang benar dan siapa salah, cara-cara semacam itu tidak pernah menghasilkan solusi yang positif bagi kedua belah pihak. Bukankan Rasulullah sendiri menganjurkan agar dakwah dilakukan dengan cara-cara yang baik dan bijak.

    LIRIK LAGU DEWA
    Di sisi lain, penulis juga sangat berharap para kritisi, yang juga saudara-saudara seiman, mau sedikit meluangkan waktu membaca sebagian lirik-lirik lagu dalam album Laskar Cinta, dengan penuh ketelitian dan sedikit perenungan. Lirik-lirik tersebut memuat dengan kental luapan cinta kepada Sang Khalik, juga usaha penulis untuk melakukan ”sedekah” bagi-Nya. Bukankah sedekah yang tulus dan tersembunyi lebih bermakna, meski perlu waktu untuk mengetahuinya dengan jelas.
    Mungkin di telinga sebagian pendengar lagu-lagu Dewa, cinta yang temaktub adalah sangat rendah maknanya, sangat duniawi, tapi bagi mereka yang cermat tentu akan menemukan ”cinta” kepada-Nya. Ini dapat disimak dari lirik lagu Pangeran Cinta antara lain ”siapa yang masih tinggal dan eksis di saat semua ciptaan musnah”, bukankah Dia Allah yang Hayyun Qayyum (QS. 55:27). Apresiasi akan sebuah hadis Rasulullah riwayat Imam Bukhari, juga telah mendorong penulis untuk menulis lirik lagu Satu. Demikian juga lagu Hadapilah dengan Senyuman adalah inspirasi dari sabda junjungan kita Muhammad SAW tentang mulianya sedekah dengan senyuman serta diilhami firman Allah tentang dosa putus asa (QS 12:87).
    Kekaguman kepada Sayyidah Rabi’ah Al-Adawiyah, membawa penulis kepada perenungan tentang pengabdian kepada Allah tanpa pamrih, menginspirasi penulis mencipta lagu yang saat ini tengah populer dibawakan Chryse. Memang harus saya akui ada lirik-lirik komersil yang sengaja saya selipkan dalam beberapa lagu.

    CONTRA EFFECT LASKAR
    Dalam keadaan semacam itu, perilaku menginjak-injak kemuliaan Allah yang sangat penulis yakini sebagai pembimbing hidup satu-satunya, adalah suatu hal yang kontradiktif dengan keimanan penulis sendiri. Demi Allah Yang Maha Tahu, peristiwa di Trans TV itu murni akibat ketidak-mengertian kawan-kawan akan makna sesungguhnya simbol tersebut, bahkan para personel Dewa pun tidak. Semuanya saya simpan dalam-dalam di lubuk hati saya.
    Adapun pemakaian simbol mulia, di samping karena memenuhi syarat estetika, adalah dalam rangka ingin memenuhi harapan besar akan tersebarnya kasih sayang Allah ke segenap hati umat manusia. Penulis meyakini akan firman Allah bahwa ”Dia adalah Tuhan alam semesta”(QS. 1:2); ”Tidak hanya Tuhan kaum Muslimin semata, tetapi Tuhan semua manusia” (QS. 114:1). Lambang bintang delapan melambangkan delapan penjuru angin sebagai simbol ke mana saja kita berpaling di sana ada wajah-Nya (QS. 2:115).
    Semua pemahaman di atas adalah murni penafsiran penulis dalam memahami ayat-ayat kauliyah maupun kauniyah. Penulis tidak bermaksud menggurui, hanya merasa perlu menjelaskan semuanya karena penulis tidak menginginkan musibah ini berkembang menjadi luka membusuk yang tidak saja merugikan penulis sebagai Muslim namun juga mencoreng wajah kita sendiri, dan menanamkan kebencian terhadap sesama. Apapun kekurangan pada diri penulis, penulis adalah saudara seiman, dan menyembunyikan aib sesama kaum beriman itu suatu perbuatan mulia. Adapun judul album Laskar Cinta sama sekali bukan sebuah satire untuk Laskar Jihad yang sangat terkenal, namun murni idiom saya dan beberapa sahabat yang perduli dan tergugah tatkala sering mendengar, melihat, dan membaca betapa kata ”laskar” sering diartikan secara sepihak dengan konotasi negatif, oleh sebagian kalangan. Jihad sendiri terlalu sering diberi makna sempit sebagai perang, dan dikaitkan dengan tindakan-tindakan anarkhis oleh mereka yang tidak memahami maknanya yang hakiki.
    Maka penulis dan beberapa sahabat mencoba menawarkan sebuah oase kesejukan dengan menggabungkan kata ”cinta” dan ”laskar”, tentunya juga bukan cinta dalam artian sempit seperti yang selama ini populer. Penulis berharap dengan demikian ada contra-effect yang ditimbulkan (tentu dalam jangka panjang) hinga tidak selamanya kata ”laskar” harus bersanding dengan kata ”jihad” dalam artian sempit.
    Penulis sungguh sangat menyesalkan tulisan yang mebenturkan penulis dengan saudara-saudara sesama Muslim, juga terhadap Laskar Jihad yang secara pribadi penulis tidak pernah menaruh kebencian kepada mereka sedikit pun. Apalagi secara jujur harus penulis akui bahwa saudara-saudara yang tergabung dalam Laskar Jihad telah banyak berbuat untuk umat ini dibandingkan sumbangsih penulis pribadi.
    Penulis juga bertekad untuk selalu mencoba berdiri di atas dan untuk semua golongan. Namun sebagai individu Muslim, penulis berkeinginan untuk bebas mengutarakan cita-cita mulia tersebut tanpa harus mengorbankan saudara-saudara yang sangat penulis sayangi. Terlepas dari itu semua penulis secara pribadi menyampaikan permintaan maaf kepada siapa pun atau pihak manapun yang merasa tersinggung akan ucapan atau tindakan penulis selama ini. Penulis juga ingin menyampaikan terima kasih atas tegur sapa, juga kritik membangun yang ditujukan kepada penulis dan Dewa. Insya Allah, penulis akan berusaha berbuat lebih baik lagi bagi agama, bangsa, dan negara tercinta.
    Khusus kepada Bapak D Sirajuddin AR, penulis sampaikan syukran atas husnuddzon-nya. Allah merahmati kita semua dan sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha pengasih. Penulis akan nukil beberapa bait puisi Rumi untuk kita renungkan:

    Ketahuilah, bahwa segala yang kasatmata adalah fana,
    Tapi dunia makna tak akan pernah sirna.
    Sampai kapankah engkau akan terpikat oleh bentuk bejana?
    Tinggalkanlah ia:
    Pergi, airlah yang harus engkau cari!
    Hanya melihat bentuk, makna tak akan engkau temukan.
    Jika engkau seorang yang bijak, ambillah mutiara dari dalam kerang.
    @@@@@@

  19. sudah-sudah bang Riziek,bang Thoyib…jangan brisik.

  20. saya ikut bersedih atas kejadian yang menimpa umat Islam khususnya Ahmad Dhani.

    Dhan, teruskan perjuanganmu. Didiklah orang-orang muslim yang masih dangkal pemikirannya sehingga mudah terhasut oleh sekelompok muslim lain dengan menggunakan lebel Front Pembela Islam.
    Saya yakin seyakin-yakinnya, kamu lebih Islami dari mereka yang menfitnah.

  21. Dani……, Hebat kamu!!, kedua kubu (Dani&Habib) berdiri pada posisi yang sama, keduanya mempunyai maksud yang sama Li ‘ilaa,i kalimatillah (meninggikan/memuji/menyanjung dan menjunjung kemaha besaran Allah) hanya cara berfikir mereka tentu saja berbeda, yang satu bersifat moderat, sedang yang lainnya lebih bersifat salafy (ortodox) dalam menilai sebuah teks. Sedang untuk kasusnya sendiri bagi saya ini benar-benar murni kecelakaan, ketidak mengertian team setting panggung Trans TV (mudah-mudahan demikian adanya).Semoga Allah Swt, mengampuni segala kekhilafan kita, baik disengaja maupun yang tidak disegaja.Amin.

  22. Mengapa komentar saya dihapus oleh moderator website ini? Apakah karena saya menunjukkan ketidaktepatan anda dalam mengcantumkan logo Dewa? Mohon penjelasan.

  23. Semestinya di Dani bisa lebih arif untuk menghadapi sekelompok orang yang berbeda pendapat. Apalah artinya bila sebuah karya seni hanya akan membuat orang lain gerah dan gelisah. Karya seni semestinya bisa dinikmati oleh semua kalangan.

    Teruslah berkarya Dani !! jangan putus semangat

  24. sebenarnya itu hanya kesalahpahaman saja. Kita sebagai ummat islam jangan mudah marah dong. Dirundingkan dulu dengan sebaik-baiknya tentang masalah yang ada. Ditanyakan apa maksudnya, kemudian baru beri tindakan.
    Dan menurut saya Dhani tidak bermaksud untuk menghina ummat Islam. Kemungkinan saja itu hanya masalah seni dan keindahan saja.

  25. Iya nih.. kok komentar gw juga dihapus?? Kenapa? Ga terima denger pendapat org lain? Mental org2 Indonesia memang harus diperbaiki kayanya ya? Dangkal!!

  26. maaf bukan dihapus tp ilang bkn cuma komentar kalian komentar saya jg ilang
    skali lagi maaf

  27. Teman saya ada orang Palestina asli Agamanya Kristen Orthodox. Dia sepenuhnya Palestina. Bahasa ibunya adalah Arab. Dia bilang bahasa Arab adalah bahasa Arab, bukan bahasa Islam. Dia juga bilang bahasa Ibrani dan bahasa Aram juga bukan bahasa Kristen. Jadi kalau ada tulisan “Allah” atau “Alla” dalam bahasa Arab, itu bukan berarti milik Islam saja, tetapi milik semua orang yang menerima dan mengakuinya.

    Logo Dewa ternyata bila dibaca secara benar hanyalah berisi empat buah kata “Alla”, empat yang lainnya bila dibaca dari kanan ke kiri tidak bisa dibaca “Alla”.

    By the way, ternyata gambar logo yang disajikan di atas bukan lah logo Dewa yang ada di album Laskar Cinta. Ternyata bukan seperti itu logonya, beda koq. Perhaiin deh. Mas Jok Suprianto. Ganti dong tuh logo Dewa-nya. Thanx

  28. ups memang spt itu kok cuma aslinya ada baground merah hitam tulisan kuning ini url gambar logo dewa asli http://sy41ful.saleiz.com/blog/wp-images/posting/logo_kum_dewa.jpg
    krn setelh saya beli kaset dan saya liat memang ALLAH kebacanya kok cuma huruf Ha lubangnya diilangi itu saja.thks

  29. Beda atuh mas!! Kelihatan sama, tetapi perhatikan dengan benar dan teliti! Makanya mesti hati-ati kalau memposting sesuatu yang akan dijadikan dasar untuk mengundang komentar. Silahkan disimak secara teliti salah satu link yang berisi logo Dewa yang benar, yakni sbb:

    http://fendra.blogsome.com/2005/04/19/dewa-kesandung-lambang-album-laskar-cinta/

    Salam

  30. Beda atuh mas!! Kelihatan sama, tetapi perhatikan dengan benar dan teliti! Bukan soal warna saja, ttapi juga bentuk dan formasiya. Makanya mesti hati-ati kalau memposting sesuatu yang akan dijadikan dasar untuk mengundang komentar. Silahkan disimak secara teliti pada dua link yang berisi logo Dewa yang benar, yakni sbb:

    1) http://fendra.blogsome.com/2005/04/19/dewa-kesandung-lambang-album-laskar-cinta/

    2)http://www.sy41ful.saleiz.com/blog/index.php

    Salam

    • iya ya beda..jadi terinfirasi nih ane…ane kan punya usaha sedot tinja…mobilnya mw ane AIRBRUSH gambarnya tai namanya BAUFIK…bagus kayanya tuh…hihihihi

  31. Saya mencoba mempelajari secara cermat logo yang dipakai Dewa dalam album terbarunya dan juga mengamati secara dalam kaligrafi asli Kufi yang dijadikan dasar inspirasi dari logo tersebut. Silahkan lihat di:

    http://www.islamicart.com/main/calligraphy/styles/kufi.html

    dan di

    http://www.islamicart.com/members/geometric.html

    Berdasarkan itu saya ingin mengangkat fakta sbb:

    1) Logo album terbaru Dewa “Laskar Cinta” ternyata sudah merupakan modifikasi dari kaligrafi kufi yang asli.

    2) Modifikasi yang dilakukan Dewa menurut pengamatan saya cukup transformatif (mengubah bentuk) sehingga juga ikut mengubah makna yang ada. Pertama, Huruf “Ha” menjadi hilang seluruhnya sehingga yang terbaca hanyalah kata “Alla”. Kedua, empat kata yang lain formasinya dirubah/dibalik sehingga bila kaidah cara membaca tradisional dari kanan ke kiri dipertahankan maka yang terbaca adalah empat buah kata “Alla”, dan sisanya tidak bisa dibaca “Alla”, apalagi dibaca “Allah”, tentulah lebih tidak bisa!

    3)Karena kata “Alla” tetap bisa diinterpretasikan sebagai “Allah”, maka mengenai boleh atau tidaknya penggunaan dari kaligrafi yang telah dimodifikasi/ditransformasi ini dan hal-hal lain sebagainya, sebaiknya kalau kita ada waktu dan bisa sedikit lebih tenang (dan sistematik), kita dapat menanyakan pendapat pakar kaligrafi yang sesungguhnya serta pendapat MUI dan pakar/ahli agama.

    4) Namun alangkah lebih baik lagi bila Ahmad Dhani melakukan sedikit modifikasi lagi agar kemungkinan logo itu terbaca “alla” juga terhindarkan (sangat sedikit saja modifikasi yang diberikan akan mengubah maknanya secara sangat significant).

    Sebaiknya kita tidak saling menuding dan saling menyalahkan (apalagi bila tidak paham benar masalahnya), dan semoga kita saling memaafkan satu sama lain secara ikhlas dan penuh kedamaian. Semoga Allah SWT memberkahi dan merahmati kita semua. Amin.

  32. Ga usah dibesar-besarkan,kalo kaya gini dewa juga yang bakal untung,sensasi baru dari dani dewa,band-band baru banyak banget,muda-muda dan ganteng masih fresh lagi,ada apa ya???

  33. Ga usah dibesar-besarkan,kalo kaya gini dewa juga yang bakal untung,sensasi baru dari dani dewa,band-band baru banyak banget,muda-muda dan ganteng masih fresh lagi,ada apa ya???

  34. hai dewa ahmad dani kamu jangan menginjak ..kami kamu hanya mau keuntungan saja

  35. setelah saya lihat di lambang dewa :http://fendra.blogsome.com/2005/04/19/dewa-kesandung-lambang-album-laskar-cinta/
    ternyata secara mudah dan masih jelas kalimat Allah
    cara baca yang mudah:
    lafal Allah terdiri dari huruf alif yang berdiri sendiri kemudian dua huruf lam yang bersambung dan juga bersambung dengan hurufh ha……..ini disebut arab gundul yaitu tanpa tanda baca apabila diberi tanda baca maka ALLAHU ….meskipun huruf ha ditutupi lubangnya secara kaligrafi itu tetap huruf ha.
    maka untuk lambang dewa….ambil satu anak bintang, mulai kita dapatkan huruf berbentuk > yang terpisah sendiri itu huruf alif……seterusnya mudah bukan 2 huruf lam yang bersambung dikuti bersambung dengan huruf ha yang lobangnya dihitamkan.
    memang yang diblog ini tidak persis dengan lambang dewa karena pada lambang dewa 2 huruf lam tangkainya dibuat tebal sehingga batas bersambungnya 2 lam jadi sempit.
    saya kira dhani tau betul itu lafal Allah pada saat masih asli tapi setelah dia modifikasi dikiranya sudah tidak berupa lafal Allah, ini sangat fatal untuk orang sekelas dhani yang pada dasarnya simpatisan sufi seperti pada videoklip “satu” dia memakai pakaian sufi persia yang apabila trance menari berputar.
    sehingga insiden menginjak karpet bertuliskan lafal Allah ini karena kebodohan dan arogansi dhani yang tidak konsultasi ke ahli kaligrafi.
    tapi klo secara sengaja dhani menginjak-injak lafal Allah saya kira sangat tidak mungkin, ini hanya karena kebodohan.

  36. Link terkait:
    Menyoal “logo dewa”
    Cover laskar cinta: Dewa vs FPI atau?
    Berbincang tentang dewa yang kesandung

    bahkan saya telah mengetahuinya sejak peredaran awal album tersebut;
    Cover Laskar Cintanya Dewa bertuliskan lafdhul jalalah?

    Sempat mau saya perpanjang lagi, tapi gak sempat, dan akhirnya… terdengarlah berita menghebohkan itu
    Tentang Cover Dewa

  37. Tidaklah masuk akal jika DHANI memasang logo tersebut di cover albumnya untuk melecehkan, sebab, jika demikian, berarti dia melecehkan albumnya sendiri. Pemasangan logo yang diambil dari kaligrafi tsb merupakan suatu wujud KEBANGGAAN Dhani atas agamanya. Bukan sebaliknya.
    Organisasi-organisasi itu terlalu sibuk dengan simbol-simbol! Bukankah yang membuat kaligrafi tsb adalah SEORANG MANUSIA juga, SENIMAN KALIGRAFI. Bukannya Allah yang menaruh logo kaligrafi itu dari langit turun ke bumi.
    Maka sebaiknya kalian berpikirlah lebih cerdas!

    Dalam album Laskar Cinta ini terasa sekali nafas keagamaannya. DHANI, manusia yang terlahir sebagai seorang seniman, tentunya juga ingin mengexpresikan Cintanya terhadap Agamanya, diantaranya melalui musik-musiknya.
    TIDAK Semua Orang adalah ulama. Tidak semua orang adalah guru agama. Janganlah dihujat suatu bentuk expresi seni karena pemikiran-pemikiran keagamaan yang terlalu bersifat “center of the earth”!! Seakan-akan semua orang harus mengikuti HUKUM KELOMPOKNYA! HUKUM YANG ADA DI PIKIRANNYA!!
    Dengar! Kalian Bukanlah Sumber Kebenaran!

    Kemudian, mengenai masalah terbaru yakni lirik-lirik DEWA yang dianggap sesat, bagi saya itu sungguh masalah yang dicari-cari saja. Sepertinya organisasi-organisasi islam lagi gak ada kerjaan, lagi kepingin tenar, sehingga dijadikanlah DEWA sebagai objek “BEDAH ALBUM”, kritik, dan review.. Haha… sungguh MENYEDIHKAN mereka-mereka itu.

    Untuk Mas Dhani.. Maju Terus..!! Engkau adalah seorang seniman besar.. briliant! Sungguh, semakin tinggi pohon maka semakin besar angin yang menghantam. Didiklah masyarakat kita yang masih dangkal pemikirannya, agar tidak mudah terbawa hukum-hukum sesat organisasi keagamaan yang tentunya bukanlah sumber kebenaran di dunia ini.

    Kepada Masyarakat…, BERPIKIRLAH CERDAS! JANGAN TERBAWA FORMULA-FORMULA POLITIK ORGANISASI-ORGANISASI YANG BELUM TENTU HAQ KEBENARANNYA.

    Allah tidak sama dengan makhlukNya. ( Laisa Kamitslihi Syai’un : Sifat 20 )
    Tidak ada Satu pun yang setara dengan Dia ( QS.112:4 )
    Jika Allah yang dilambangkan lewat huruf&kaligrafi kemudian diperkarakan, maka sama saja orang yang memperkarakan itu menyamakan Allah dengan makhluk, yaitu tulisan. Dan itu adalah syirik.

    “Hidup ini punya sejuta warna, TAK HANYA HITAM-PUTIH… Apa yang kamu yakini sebagai sebuah kebenaran mungkin bukanlah sebuah kebenaran buat yang lainnya… Just Let’s Make HarMOnY for a better FUture”

    “….apakah kau tau mafia bersorban, pake peci, Teriak Allahu Akbar, TAPI kelakuan Bar-bar, orang ditampar-tampar….” [-([-(

  38. biar di kenal aja

  39. Kang Joko….kayanya logo dewa yang anda tampilkan perlu diperhatikan lagi deh…:-? coba diliat-liat lagi…logo dewa bukan seperti itu…huruf Allahnya dibolak balik tidak terbaca hanya dengan searah jarum jam kaya yang versi kufi…perhatiin deh skali lagi…kata Aa Gym informasi itu kan mesti BAL(Benar,Akurat,Lengkap)…ya tho…Buat yang ada disini…boleh beda pendapat asal ngga menghujat…daripada menghujat mending ambil positifnya aja deh…Dari kasus ini saya malah jadi lebih sering pelajari n cari-cari seni islam…katanya islam diajarin suruh khusnudhon…positif thingking istilah baratnya…tq dani…

  40. sori nambah lagi…:d karya seni itu kaya kicauan burung…apa yang dimaksud burung itu yang tau pasti cuma si burung itu dan Pemilik Sejati si burung itu…soal yang ketangkep sama kita itu cuma pikiran kita sendiri…kayanya ngga ada manusia yang tau pikiran orang lain…ya tho…;)

  41. Komentar saya ga’ banyak, cuma mau kasih saran ” sah2 aja kita berkreatifitas, tapi tentunya harus ada tuntunan dan tujuan, apalagi klpk band seperti dewa yang sedikit kerap sering mengejawantahkan SESUATU HAL kedalam syair lagunya yang saya nilai sedikit DALAM maknanya. Trims.Allahu ma’akum ainama kuntum. Wassalaam

  42. dhani dan artis lainnya gak bs dipuingkiri a/ seorang publik figur, kedepannya diharapkan lebih hati2 dlm berkreasi. Toh mau lambang yahudi dimodif, lmbang setan dimodif, pasti ada reaksi dari yg terkaitnya.

  43. mas kenapa mas dani terlalu sok, mas ingat segala sesuatu yang diberi allah tak bertahan selamanya, eling to mas… jangan sokkkkkkkkk

  44. kami dari insan musisi muda indonesia sangat mengutuk tindakan ahmat dani dan kami takut ahmat dani terlibat dengan kegiatan pluralisme agama… sadar dan tobatlah dani

  45. :)>- habieb riziq cm banyak omong doank, tukang provokator orang. yg katanya umat islam resah dengan kaligrafi ahmad dhani. uda tau orang yang lebih pinter kaligrafi blng klo g ada hub dng nama ALLAH, malah keras kepala lg.sok tau lo habib riziq..bwt sodara2 yg lain jng mau dprovokasi habib riziq,itu orang tukang keroyok .Hidup ahmad dhani….

  46. Album kedelapan DEWA bertitel REPUBLIK CINTA

  47. [-x kalau buat lambang jangan main2 dengan tulisan kaligrafi agama donk?cari mode yang lain aja ya.

  48. eh loe niat gak yang bener aja louh abis mampus nyahook loh…..

  49. karya2 lo emang wahid

  50. lha iya emang, u harus bertobat…. bagaimana bisa yang mengaku hamba allah tapi da sembrono….
    kualat baru tahu rasa lo…

  51. walau gimanapun loe-loe pada mesti ngakuin kalo dani tuh emang te o pe bikin lagu2 tentang cinta. emang ga ada yang ngalahin.

  52. walau gimanapun loe-loe pada mesti ngakuin kalo dani tuh emang te o pe bikin lagu2 tentang cinta. emang ga ada yang ngalahin.
    ziiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    • iya sih cuma sayang sebenarnya cintanya ditunjukin sama makhluk cacat bermata satu…ihhhh seremmmmmmmmmm……….

  53. Danu tuh Neneknya Yahudi kuburannya ada di Lombok
    Dasar Dhani itu ketebelece

  54. ahmad dani….. pinter,smart……tapi sangat arogan….

  55. No Comment….
    Liat disini….

  56. widih si shinta kyak gtu amat

    no comment . . .
    liat di sini . . . :) :D

  57. ah klo begitu kita bikin sandal jepit atau TIisu toilet mereknya..ARMAD DANIEEL yakin dah dhani ga kan kesinggung kan udah ane edit..sedikit hihihihi

  58. apapun yg d’blg org tntang dhani…bwt gw dhani msh yg trbaik dr yg trbaik hidup ahmad dhani n dewa 19…anjing menggonggong kafilah brlalu…jgnlah suka menilai org yg blm tntu org yg menilainya itu benar…jd saran gw brkacalah apkh anda sdh benar…

  59. t0:Aminah…gmn bs kualat lo aj udh salah penulisan utk kata Allah…wkwkwk…sok menilai org lo sdri aj ga bnr,ngaca dl bro,hhhhaaa…

  60. t0:Aminah Nuri Cahyono…gmn bs kualat lo aj udh salah penulisan utk kata Allah…wkwkwk…sok menilai org lo sdri aj ga bnr,ngaca dl bro,hhhhaaa…

  61. t0:Aminah & Nuri Cahyono…gmn bs kualat lo aj udh salah penulisan utk kata Allah…wkwkwk…sok menilai org lo sdri aj ga bnr,ngaca dl bro,hhhhaaa…

  62. fuck of dewa 19/…….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: